Ternyata Ini Loh Keutamaan Ramadhan Yang Wajib Orang Islam Ketahui

          Sebahagian kita muslim mungkin sudah mengetahui keutamaan bulan Ramadhan, dimana dalam bulan memiliki keutamaan yang sangat berlimpah dibandingkan bulan-bulan lainnya. Dalam bulan ini pula umat islam diperintahkan oleh Allah SWT untuk selalu beribadah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditentukan agar selepas bulan ini kita umat islam bisa merayakan lebaran dengan hati bersih dan bebas dari dosa-dosa. Sehingga diibarat oleh ulama-ulama, selepas bulan ramadhan umat islam bagaikan kertas putih tampa coretan tinta hitam sedikitpun didalamnya.


          Baiklah berikut ini beberapa keutamaan bulan suci ramadhan yang wajib bagi umat islam tahu.
1. Amal Sholeh Yang Berlipat Ganda
Sebagai umat Muslim yang menjalankan amalan-amalan sholeh serta kewajiban-kewajiban seorang muslim pada bulan ramadhan akan mendapatkan balasan berlipat ganda, sehingga sebahagian ulama menyebut bulan suci ramadhan sebagai bulan seribu bulan. Sebahagian ulama berpendapat bahwa setiap amal sholeh yang dilakukan oleh seorang muslim pada bulan ini akan dibalas 70 kali lipat sebagaimana terdapat dalam Hadist:
       Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Sya`ban “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim).
2. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Nah keutamaan lainnya adalah bahwa Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana kitab suci umat Islam (Al-Qur’an) pertamakali diwahyukan. Sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah 185 yang artinya:
“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).
3. Bulan Pernuh Keberkahan
         Pada bulan Ramadhan seorang muslim memiliki kesempatan untuk menghapus segala dosa yang sudah pernah ia lakukan. Keberkahan yang diberikan Allah SWT sangat berlimpah sehingga dalam salah satu hadist disebutkan bahwa :
“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu- pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan- syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.” (HR Ahmad, An-Nasa’l, dan Baihaqi).
Pada bulan ini juga muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak mungkin, bahkan diibaratkan barangsiapa seorang muslim beribadah dengan sempurna pada bulan Ramdhan ia suci kembali bagaikan bayi yang baru lahir. Sesuai Hadist Shahih:
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)
“Shalat yang lima waktu, dari jumat ke jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)
4. Bulan yang Mendidik untuk Mencapai Ketaqwaan
     Pada bulan ini umat muslim diperintahkan untuk berpuasa, karena dengan berpuasa dapat menundukkan nafsu manusia pada hal yang tidak baik. Dengan demikian puasa merupakan salah satu jalan menuju ketaqwaan yang hakiki.
Sesuai surat dalam Al-Quran yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al Baqarah 183)
5. Terdapat Malam Lailatul Qadar
      Bagi seorang muslim siapa yang tidak tahu lailatul qadar, sebahagian ulama berpendapat lailatul qadar jatuh pada bilangan malam ganjil diatas malam 20 puasa/10 hari terakhir bulan ramadhan. Oleh sebab itu umat muslim harus mengisi malam-malam nya dengan doa-doa yang baik. Sebagaimana disebutkan dalam QS. Al Qadr 1-3

 “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔