Ini Loh 10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan

Ramadhan telah datang, ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah bagi umat muslim. Kenapa tidak, apabila umat muslim bisa melakukan semua perintah Allah SWT, Insya Allah Muslim itu akan bersih dari dosa laksana kertas putih tampa coretan tinta. Begitulah diumpamakan oleh orang-orang berilmu. Akan tetapi, semua itu akan di dapatkan oleh seorang muslim apabila mampu melakukan semua perintah Allah SWT dan Menjauhi segala larangan-Nya. Apa sih perintah-perintah Allah SWT yang harus dilakukan Muslim di bulan Ramadhan? Salah satunya puasa, shalat malam (Tarawih), dan ada banyak lagi yang harus ditempuh seorang muslim untuk mendapatkan imbalan putih bersih tersebut.
Puasa adalah suatu rutinitas seorang muslim yang dilakukan selama bulan ramadhan, menahan diri dari makan dan minum atau pun segala hal yang membatalkan puasa selama kurang lebih 12 jam. Tentu sulit bukan? Namun pada hakikatnya puasa bisa membuat kesehatan kita stabil. Kestabilan kesehatan kita juga tergantung pada pola makan kita, oleh karena itu selama bulan puasa pola makan kita harus kita atur sebaik mungkin, agar aktifitas kita bisa kita jalankan seperti biasanya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan muslim selama bulan puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar selama Ramadhan.


Berikut adalah beberapa tips sehat selama Bulan Puasa Ramadhan:

Saat Makan Sahur
  1. Usahakan makan sahur dekat imsak/akhir waktu. Selain berguna untuk kelancaran aktifitas anda disiang hari, tetapi juga dengan sengaja anda telah melakukan sunah Rasul.
  2.  Berhentilah makan sebelum kenyang, maksudnya makanlah makanan dengan porsi yang normal, tidak berlebihan, utamakan untuk memakan makanan yang kaya karbohidrat, vitamin dan protein. Mungkin sering kita dengar dengan istilah 4 sehat 5 sempurna.
  3.  Batasi memakan makanan yang terlalu manis, yang kemungkinan akan membuat badan anda lemas dan lesu disiang hari.
  4. Minumlah air yang cukup, usahakan tiga sampai lima gelas. Jauhi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan sejenisnya. Karena dengan minuman tersebut dapat mengakibatkan cairan tubuh anda hilan lebih cepat.

 Saat Berpuasa
  1. Hindari kegiatan fisik disiang hari yang mungkin tidak diperlukan.
  2. Jika memungkinkan, sediakan waktu sejenak untuk membaringkan tubuh anda, waktu yang diutamakan adalah waktu kailulah (jam 11) atau bisa juga setelah shalat zuhur.
  3. Luangkan waktu sedikit untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, atau yoga. Kegiatan ini dapat menjaga stamina tubuh dan juga memperlancar peredaran darah.

Saat Berbuka Puasa
  1. Jangan makan dengan berlebihan. Perbanyak meminum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang pada siang hari.
  2.  Hindari makan makanan yang berminyak, seperti gorengan, serta batasi makanan yang pedas, agar pencernaan tubuh anda tidak terganggu.
  3. Usakan untuk minum air putih 3 sampai lima gelas sebelum tidur.



Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama menjalankan puasa, semoga artikel ini bisa berguna bagi kita semua dalam menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan ini. Amin.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔