5 Kriteria Wanita Yang Cocok dijadikan Istri.

           


           Salah satu kunci hidup bahagia dalam berkeluarga adalah memiliki pendamping hidup yang setia, pengertian dan beberapa hal lain yang telah dianjurkan oleh Allah SWT  dan Nabi Muhammad SAW dalam hadist dan Al-Qur’an. Siapa yang tidak mau hidup bahagia dalam berumah tangga, bayangkan saja, setiap pasangan yang akan menempuh hidup baru semua kerabatnya berdoa supaya dapat membina keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Begitulah istilahnya. Namun ingatlah, panutan-panutan yang sudah dijelaskan baik dalam Al-Quran maupun hadist-hadist Rasulullah, apabila kita mau mengikuti panutan tersebut, InsyaAllah Akan berbahagia.
            Baiklah, disini kami akan menjelaskan beberapa kriteria yang cocok dijadikan pendamping menurut anjuran Rasulullah SAW :

            1. Kasih Sayang
Nah, bagi para laki-laki calon pemimpin rumah tangga, ingatlah criteria pertama yang dianjurkan adalah memilih wanita yang mempunyai rasa kasih sayang. Kenapa criteria ini yang pertama dianjurkan? Bayangkan saja seandainya kita memiliki seorang istri yang tidak memiliki rasa kasih saying sedikitpun kepada kita, bisa di bayangkan sendiri tentunya. Lriteria ini sesuai dengan apa yang disebutkan Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Ar-Ruum ayat ke 21 :
 “Dan di antara tanda – tanda kekuasaannya, Dia ciptakan untuk kalian istri – istri dari jenis kalian sendiri, supaya kalian cenderung dan merasa tentram kepadanya. Dan Dia jadikan di antara kalian rasa kasih dan sayang.”

2. Perawan
Criteria yang kedua adalah menikahlah dengan gadis yang masih memiliki keperawanan. Anjuran ini jangan disepelekan, kenapa Rasulullah menganjurkan hal yang demikian? Pada masa Rasulullah pernah diriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bertanya kepada Jabir R.A : “Apakah kamu menikahi seorang gadis atau janda?” Jabir R.A menjawab : “Seorang janda ya Rasul” kemudian Rasul menanggapi jawaban Jabir R.A, “ kenapa kamu tidak menikahi seorang gadis yang kamu dapat bercumbu dengannya dan ia pun dapat bercumbuimu?”.
Nah, dapat disimpulkan bahwa Rasul lebih menganjurkan menikahi seorang gadis dari pada janda bukan? Ini tidak ada maksud melarang untuk menikahi janda, akan tetapi menganjurkan untuk menikahi gadis yang masih memiliki perawan.
Baca Juga : Apakah Orang Islam menyembah Berhala?
3. Subur
Criteria wanita yang keseterusnya adalah, memilih gadis yang subur, atau yang memiliki keturunan banyak, bayangkan saja kalau kita menikah dengan gadis yang tidak subur. Tidak memiliki keturunan, sangat disayangkan. Rasulullah menganjurkan demikian karena dengan memimiliki keturunan rezeki kita akan bertambah, semakin banyak keturunan yang kita miliki, semakin banyak pula rezeki yang dilimpahkan Allah kepada kita. InsyaAllah.

4. Keturunannya harus jelas
Criteria ini yang harus benar-benar diperhatikan, keturunan jelas maksud disini adalah keturunan yang baik, kita harus memilih wanita yang memiliki silsilah keluarga yang jelas. Bayangkan saja apabila kita menikahi seorang gadis yang tidak memiliki ayah yang jelas. Tentunya kita akan dinikahkan oleh orang yang bukan walinya yang jelas, sama saja dengan berzina nantinya. Oleh karena itu pilihlah wanita dari keturunan atau silsilah keluarga yang jelas.

5. Taat Beragama
Criteria yang kelima wanita yang cocok dijadikan pendamping adalah wanita yang taat beribadah, taat dalam beragama dan sholehah. Hal ini juga tidak kalah pentingnya untuk benar-benar diperhatikan dalam meilih pendamping. Karena kita seorang suami akan senantiasa keluar untuk mencari rezeki, jangan sampai kita keluar cari rezeki, diapun ikut cari rezeki lain. Parah bukan? Sangat disayangkan apabila demikian. Allah AWT berfirman
 “Sebab itu, maka wanita – wanita yang shalih adalah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak berada di tempat. Oleh karena Allah telah memlihara mereka...”. (QS. An-Nisa : 34).
Nah, untuk para calon pemimpin dalam rumah tangga, itulah beberapa criteria yang pantas kita jadikan sebagai seorang istri. Dan untuk para wanita yang belum memiliki criteria tersebut, cepat-cepatlah ubah diri anda untuk menjadi lebih baik dari sekarang. Dan terimakasih telah berkunjung.



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔