Baca Dulu Sebelum Memilih Pemimpin!!


Memilih pemimpin merupakan suatu kewajiban yang harus kita lakukan selaku kita umat muslim dan tidak boleh kita abaikan. Dalam memilih pemimpin kita harus benar-benar bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak, mana yang pantas dan mana yang tidak. Karena setelah kita memilih dialah yang akan membawa kita ke jalan kebaikan atau ke jalan keburukan. Dalam Islam semua yang akan kita lakukan di sunatkan kita untuk benar-benar memperhatikan kriteria-kriteria tertentu, contoh yang paling kecil saja ketika seorang perempuan memilih calon pemimpin rumah tangganya, ataupun seorang calon suami dalam memilih pendamping hidupnya, itu saja disunatkan untuk memerhatikan kriteria-kriteria yang telah di tentukan dalam ajaran agama, apa lagi dalam hal memilih pemimpin yang lebih besar atau yang memberi efek yang lebih besar dari itu.


Nah sebelum kita memilih seseorang menjadi seorang pemimpin ada hal-hal yang harus kita ketahui, jangan asal memilih. Hal pertama yang harus kita ketahui adalah apa arti dari kata "pemimpin" itu sendiri? Pemimpin adalah orang yang membantu diri sendiri dan orang lain melakukan hal yang benar (do right things), dengan menciptakan arah tujuan, membangun visi yang inspiratif serta menciptakan sesuatu, itulah arti pemimpin sebenarnya. Dari pengertian tersebut saja bisa kita pahami bahwa seorang pemimpin itu harus benar-benar mempunyai qualitas dan kuantitas sesuai dengan apa yang akan dia jalankan kedepan.

Hal yang kedua yang harus kita ketahui adalah memilih pemimpin itu harus sesuai dengan kriteria yang ditentukan dalam ajaran agama kita. Apa saja kriteria pemimpin yang ditentukan dalam islam? Menurut Islam kriteria yang harus benar-benar di perhatikan dalam memilih pemimpin itu ada empat. Mari kita lihat satu persatu.

1. Shiddiq
Kriteria ini merupakan salah satu Kriteria Nabi Muhammad SAW dalam memimpin. Arti dari Shiddiq itu sendiri Adalah orang yang memiliki niat kesungguhan dan kebenaran dalam hatinya baik dalam berucap maupun melakukan tugas yang dibebankan kepadanya. itulah kriteria pertama yang harus kita perhatikan.

2. Amanah
Kriteria yang kedua adalah amanah, artinya dapat dipercaya dalam segala hal/bidang. bayangkan jika kita memilih pemimpin yang tidak benar-benar kita percayai, apa jadinya kedepan? tentu penyesalan yang akan kita rasakan. Kriteria ini juga merupakan salah satu kriteria yang dimiliki oleh pemimpin kita Nabi Muhammad SAW. jadi kriteria ini juga harus benar-benar kita perhatikan.


3. Tabligh
Arti Tabligh adalah menyampaikan, maksudnya menyampaikan apa dan sesuai dengan kenyataannya tanpa ada yang ditutupi sedikitpun. Apabila benar berani menyatakan benar dan apabila salah berani mengungkapkannya meskipun itu merupakan kesalahan yang berasal dari dirinya sendiri. Nah kriteria ini juga sangat berhubungan dengan kriteria yang kedua yang telah kami sebutkan diatas, apabila kriteria diatas tidak dipenuhi sungguh kriteria yang ketiga ini juga tidak dapat dimilikinya.

4. Fathanah
Apa arti sebenarnya Fathanah? Arti dari Fathanah adalah cerdas, cakap dan handal dalam segala bidang sesuai dengan tugas yang di ampunya. Kriteria ini adalah kriteria terakhir yang benar-benar harus diperhatikan dalam memilih pemimpin yang ditentukan dalam Islam. Apabila seorang pemimpin tidak memiliki sifat Fathanah sungguh dia tidak bisa diandalkan dalam hal kepemimpinannya.


Nah, itulah beberapa kriteria yang harus diperhatikan sebelum kita hendak memilih seorang pemimpin. Apabila seorang pemimpin memiliki kriteria tersebut sungguh kita tidak akan merasakan penyesalan di masa yang akan datang. Dengan kriteria tersebut secara otomatis akan menciptakan seorang pemimpin yang jauh dari perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah SWT, baik itu korupsi, kolusi maupun nepotisme.

Baiklah itulah sedikit penjelasan tentang kriteria-kriteria yang harus kita perhatikan sebelum memilih orang yang akan memimpin kita ke jalan yang benar. Terima Kasih telah berkunjung dan jang lupa kritik sarannya yang membangun demi terciptanya artikel yang lebih baik kedepannya. Salam.......

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔