Kontroversi "ISLAM KTP" nya Orang Aceh


Aceh merupakan daerah pertama yang menganut agama Islam di wilayah Asia Tenggara. Kalau kita lihat dari sejarahnya, Aceh juga mempunyai penganut agama Islam terbanyak di wilayah Asia Tenggara, jadi tidak diragukan lagi kan tentang keislamannya? Tentang Aqidahnya? dan tentang lain-lainnya. Aceh merupakan daerah yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, memiliki adat istiadat serta budaya yang tidak melenceng sedikitpun dari landasan agama Islam (Masa Dulu). Alasan ini pula yang menjadikan daerah ini memiliki julukan Serambi Mekkah (Seuramoe Mekkah), artinya cerminan dari negara Mekkah. Namun sekarang ini banyak yang berpendapat bahwa banyak masyarakat Aceh memiliki julukan Islam KTP saja. Kenapa demikian? itu kan pertanyaan yang pantas dan sangat logis untuk kita tanyakan. Bukankah Islamnya orang Aceh itu seperti sejarah itu? Nah mari kita lihat beberapa pendapat dari masalah yang timbul diatas.

Sekarang kita pahami dulu kata-kata "Islam KTP". Pengertian Islam KTP ini saya adopsi dari Atjeh Cyber Warrior. Menurutnya Islam KTP memiliki pengertian Islam yang hanya sebatas identitasnya saja, atau simbol saja, tanpa diikuti dengan keyakinan (keimanan). Sudah sangat jelas bukan pengertiannya? Namun dilihat dari pendapat sebagian orang yang menyatakan bahwa kebanyakan masyarakat Aceh sekarang itu hanya Islam KTP apa itu benar? kan tidak baik memvonis orang tanpa ada bukti yang bisa menguatkan pernyataan kita itu.

Baiklah dari pernyataan tersebut, diurailah satu persatu alasan yang menguatkan hal tersebut. Kenapa timbul pemikiran yang seperti itu? Alasan pertama adalah yang dinamakan penganut Islam adalah orang yang tidak menganut agama saja namun memiliki adat istiadat serta budaya layaknya aturan yang ada dalam Islam. Sekarang kita lihat masyarakat aceh, memiliki adat istiadat serta budaya yang melenceng dari garis Islam, baik dia si miskin, si kaya, si kecil jabatan maupun si besar jabatan. Si miskin karena hanya Islam KTP rela melakukan apa saja asalkan kaya. Si kaya karena hanya Islam KTP suka melakukan apa saja asalkan dia senang. Si kecil jabatan karena hanya Islam KTP rela melakukan apa saja demi mendapatkan jabatan yang lebih besar. Serta si besar jabatan karena hanya Islam KTP berani melakukan apa saja demi melakukan nafsu tidak baiknya. Jelas bukan? 

Kalau kita berpikir demikian memang tidak baik, namun apa mau dikata? hampir setiap daerah khususnya di Aceh hal yang demikian memang ada. Dari semua aspek kita lihat terdapat hal yang demikian, yang sangat disayangkan lagi bahkan ada yang rela menjual Islamnya demi mendapat kenikmatan semata. Menvonis dengan tidak didukung alasan yang kuat memang tidak baik, tapi percayalah jika vonis sebagian orang ini tidak kita dengarkan maka masyarakat Aceh kedepan bukan hanya Islam KTP saja namun lebih dari itu. Dan kita berdo'a agar islam di Aceh kedepan lebih baik dari masa sekarang dan bisa kita kembalikan layaknya Islam masa-masa silam yang dengan keadaan tersebut bisa kita dapatkan kembali julukan cerminan dari Mekkah. Amin Ya Rab.......
Terima kasih telah berkunjung, tujuan kami membuat artikel ini adalah untuk memperingatkan generasi penerus agar tidak menjadi Si Miskin, Si Kaya, Si Kecil Jabatan dan Sibesar Jabatan yang hanya Islam KTP saja. Vonis ini di tujukan untuk sebagian orang yang pernah melakukan kesalahan agar mau memperbaikinya di masa yang akan datang.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔