Amalan Selain Qurban Bagi Yang Tidak Mampu Pada Hari Raya Idul Adha

idul adha, gambar idul adha

Idul Adha adalah hari dimana orang Islam merayakan atau memperingati tentang Nabi Ibrahim AS yang ingin menyembelih puteranya, yang kemudian puteranya digantikan oleh Allah SWT dengan seekor kibas. Pada hari raya ini sebenarnya sangat banyak amalan Sunnah yang dapat dilakukan oleh seorang muslim selain ber kurban, dan amalan-amalan yang anjurkan pun memiliki hasil/balasan yang sangat menggiurkan bagi kita muslim. Idul Adha diperingati tepat 70 hari setelah merayakan hari raya Idul Fitri, yaitu bertepatan pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah tahun Hijriah. 


Disini kami akan membahas beberapa amalan yang disunnatkan ketika Idul Adha datang selain qurban, yang InsyaAllah apabila kita mau melakukan dengan setulus hati dan Ikhlas kita akan mendapat balasan yang setimpal di Akhirat kelak.

Amalan yang pertama adalah mengumandangkan takbir setiap saat setelah shalat 5 waktu dilakukan. Amalan ini dilakukan mulai dari terbenamnya matahari tanggal 9 Dhulhijjah sampai dengan tanggal 13 Dhulhijjah. Amalan sunat ini sesuai dengan penjelasan dari Imam Nawawi dalam salah satu kitab termasyhurnya.


Amalan yang kedua adalah disunnatkan bagi setiap orang islam untuk mandi sebelum ke mesjid pada waktu pagi saat ingin melakukan shalat hari Raya Idul Adha. Namun waktu dalam hal ini berdasarkan pendapat ulama itu tidak ditentukan. Amalan ini masih boleh dilakukan mulai dari pertengahan malam sampai dengan pagi saat ingin pergi ke mesjid.

Amalan yang ketiga adalah memakai wangi-wangian saat ingin melaksanakan shalat Idul Adha. Sebenarnya hal ini sering kita lakukan walaupun bukan saat Idul Adha datang, namun memakai wangi-wangian di tafsirkan bahwa disunnatkan bagi kita untuk menghilangkan bau-bau tidak enak, memotong rambut, membersihkan kuku dan lain-lain. 

Amalan keempat adalah memakai pakaian yang yang laik dalam artian bersih dan suci agar ibadah kita sah. Namun sebagian orang berpendapat bahwa alangkah bagusnya kita memakai pakaian yang berwarna putih apabila kita memilikinya.

Amalan yang kelima adalah adalah di sunnatkan bagi kita untuk makan dan minum setelah shalat Idul Adha dilakukan, hal ini merupakan kebalikan dari hari raya Idul Fitri. Hal ini sesuai dengan sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh sahabat Buraidah RA, bahwa Rasulullah tidak keluar pada hari raya Idul Fitri sampai beliau makan, dan pada hari raya Idul Adha sehingga beliau kembali kerumah.


Baiklah, itulah beberapa Amalan Selain Qurban Pada Hari Raya Idul Adha yang bisa kita lakukan selaku umat Islam yang memiliki balasan yang sangat indah di akhirat kelak. Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔