Keuntungan Shalat Bagi Kesehatan Anda Yang Tidak Anda Ketahui

gerakan shalat, cara shalat, gerakan sembahyang, cara sembahyang, manfaat shalat

Assalamua'alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi pembaca Islam Aceh sekalian. Alhamdulillah pada kesempatan ini kami akan membahas tentang perkara hubungan gerakan dalam shalat dengan kesehatan kita. Memang tidak dapat dipungkiri orang yang senantiasa melakukan shalat dia akan jauh dari segala penyakit, baik penyakit tulang maupun penyakit lainnya. Dibawah ini akan kami bahas satu persatu gerakan shalat yang memiliki peranan penting bagi kesehatan kita, gerakan apa saja yang akan kita bahas? cekidot (kata anak muda sekarang).

       1. Berdiri Dalam Shalat
Gerakan pertama adalah ketika kita diperintahkan berdiri tegak, simetris antara belahan tubuh kanan dan kiri. Pada saat yang demikian ada beberapa hubungan medis atau kesehatan yang perlu kita bahas. Salah satunya adalah berat badan saat kita berdiri tegak akan bertumpu pada dua telapak kaki. Para peneliti berpendapat bahwa telapak kaki memiliki titik-titik refleksi/akupuntur yang sangat penting untuk menstrimulasi organ-organ dalam tubuh manusia. Diyakini juga bertumpu yang demikian dapat membuat postur badan kita tegak dan tegap.
Kegunaan lain dari berdiri tegak yang mengakibatkan berat badan bertumpu ke kedua kaki adalah tumpuan berat badan yang merata akan membuat susunan tulang penyangga tubuh menjadi rata sehingga bermanfaat bagi penurunan resiko terjadinya patah tulang saat melakukan hal-hal sepele seperti terpeleset, naik turun tangga dan lain-lain.

       2. Gerakan Takbiratul Ihram
Pada gerakan ini kita yang hendak shalat akan mengangkat kedua tangan kita setinggi wajah dengan ketiak terbuka dan telapak tangan menghadap ke arah kiblat. Kondisi yang demikian memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh kita diantaranya dapat melancarkan sistem pernafasan kita, dengan mengangkat kedua tangan setinggi wajah dengan otomatis rongga dada akan melebar dan bahu akan naik sedikit beriringan dengan rusuk yang mengikutinya akan mengakibatkan kelebaran rogga dada dan mempermudah udara keluar masuk melalui rongga tersebut.

Manfaat lainnya pada gerakan ini adalah dapat melancarkan peredaran darah, menurut para ahli mengangkat kedua tangan dapat membuat otot bahu meregang sehingga aliran darah yang kaya akan oksigen dapat mengalir/dipompa oleh jantung keseluruh bagian tubuh manusia. Pendapat lain juga mengatakan bahwa saat mengangkat tangan hingga posisi ketiak terbuka itu memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh kita, karena ketiak adalah stasiun regional utama bagi peredaran limfe (getah bening) yang merupakan kumpulan dari keseluruhan anggota gerak bagian atas (tangan, lengan bawah, lengan atas, dan bahu). Gerakan ini biasa dinamakan dengan gerakan active pumping.

      3. Sujud

Sujud merupakan salah satu gerakan yang kita lakukan sebanyak 2 kali dalam satu rakaat shalat, apabila kita hitung kelima waktu shalat selama 24 jam yang masing-masing memiliki hitungan rakaat 2, 4, 4, 3 ,4, maka jumlah sujud dalam kurun waktu 24 jam adalah 34 kali sujud. yang setiap kali sujudnya memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan kita.

Baca Juga : Manfaat Wudhu Yang Tidak Anda Ketahui

Salah satu manfaat yang sangat penting adalah melancarkan peredaran darah ke otak, pada saat kita sujud secara otomatis posisi otak lebih rendah dari pada jantung dan posisi ini memberikan keuntungan bagi jantung untuk memompa darah keseluruh pembuluh yang ada dibagian organ yang rendah dari pada jantung. Sebagian peneliti juga berpendapat bahwa dengan melakukan gerakan sujud dapat mencegah dari tersumbatnya pembuluh darah di otak sehingga dapat mengakibatkan stroke. Salah satu penyebab stroke dikatakan bahwa pecahnya pembuluh darah di otak karena pembuluh darahnya tersumbat. Jadi dapat di katakan untuk menghindari stroke rajin-rajinlah shalat lima waktu agar peredaran darah di otak jadi lancar.

       4. Salam
Pada saat salam kita melakukan 2 aktifitas yaitu dengan menoleh kekanan dan kekiri sehingga orang yang dibelakang kita bisa melihat pipi kanan dan pipi kiri kita. Gerakan ini dipercaya dapat melatih kelenturan leher, salam juga dapat memperkuat otot-otot yang ada pada leher beserta fungsi-fungsi refleknya.

Pembaca Islam Aceh sekalian, itulah beberapa manfaat gerakan shalat yang mungkin tidak kita ketahui yang telah kami paparkan, semoga paparan kami ini bermanfaat bagi pembaca sekalian dan kita berdoa agar Allah SWT senantiasa memberi kita kesehatan agar sanggup melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala laranganya. Amin Ya Rab..........

Share this :

Previous
Next Post »
3 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔