Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan Yang Tidak Anda Ketahui


Assalamua'alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi pembaca Islam Aceh sekalian. Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang hubungan Islam dengan kesehatan, tema yang kita ambil pada kesempatan ini adalah Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan. Namun banyak yang bertanya apa hubungan wudhu dengan kesehatan, jawabannya sangat banyak, Diantaranya akan kita bahas satu persatu dibawah ini tentang apa saja manfaat kita berwudhu pada setiap waktu, bahkan disunnatkan dalam ajaran agama untuk selalu dalam keadaan suci (berwudhu).

Wudhu, secara sederhana dapat diartikan sebagai gerakan syar’i yang terdiri dari membasuh muka, tangan, kepala, telinga maupun kaki. Gerakan-gerakan dalam wudhu tentunya kita sebagai umat islam sudah tahu bagaimana dan apa saja yang harus kita lakukan ketika kita berwudhu. Wudhu adalah juga termasuk hydro-therapy atau terapi air. Dalam satu ayat Allah berfirman secara khusus mengenai Wudlu. “Wahai orang-orang yang beriman, apabila engkau hendak mendirikan sholat, maka basuhlah wajahmu dan kedua tanganmu sampai siku-siku, dan usaplah pada kepala mudan kaki-kakimu sampai kedua mata kaki…”


Salah satu manfaat yang paling penting/keutamaan berwudhu dalam agama adalah sebagaimana Hadist yang di riwayatkan oleh Bukhari dan Muslim "Sungguh ummat-Ku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhunya". Selain manfaat bagi kita umat islam dalam beragama, bagi kesehatan pun sangat banyak kegunaan ataupun manfaatnya. Apa saja manfaat berwudhu bagi kesehatan kita? Mari kita simak satu persatu:

        1. Meminimalisir Jumlah Penyakit Dalam Tubuh.Dr Ahmad Syauqy Ibrahim, peneliti dibidang penderita penyakit dalam dan penyakit jantung di London mengatakan, ”Para Pakar sampai pada kesimpulan mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan pada syaraf dan otot, menormalkan detak jantung, kecemasan, dan insomnia (susah tidur). Coba perhatikan berapa kali kita umat Islam berwudhu dalam waktu 24 jam, dan sudah dapat dipastikan 90 % dari resiko berpenyakitan dapat kita atasi hanya dengan berwudhu saja.

         2. Menghilangkan Microba/Virus Yang Akan Masuk Tubuh
Dalam buku Al-Nabawiyah dijelaskan, setelah melakukan penelitian panjang, orang yang selalu berwudhu mayoritas hidung mereka lebih bersih, tidak terdapat berbagai mikroba. Rongga hidung bisa mengantarkan berbagai penyakit. Dari hidung, kuman masuk ke tenggorokan dan terjadilah berbagai radang dan penyakit. Apalagi jika sampai masuk ke dalam aliran darah. Barangkali inilah hikmah dianjurkannya istinsyaaq (memasukkan air ke dalam hidung) sebanyak tiga kali kemudian menyemburkannya setiap kali wudhu.

         3. Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan Secara Keseluruhan
Ada pun manfaat berwudhu secara keseluruhan itu sangat banyak, diantaranya adalah bila ditinjau dari segi perlakuan ataupun gerakan dalam berwudhu, salah satunya adalah keadaan berkumur-kumur dimaksudkan untuk menjaga kebersihan mulut dan kerongkongan dari peradangan dan pembusukan pada gusi, berkumur menjaga gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel. Sementara membasuh wajah dan kedua tangan sampai siku, serta kedua kaki memberi manfaat menghilangkan debu-debu dan berbagai bakteri. Dan juga, sudah terbukti secara ilmiah penyakit tidak akan menyerang kulit manusia kecuali apabila kadar kebersihan kulitnya rendah.


Gerakan/perlakuan lain yang memiliki manfaat lainnya adalah menggosok pada sela-sela jari sudah semestinya memperlancar aliran darah perifer (terminal) yang menjamin pasokan makanan dan oksigen. Titik lain yang terkena basuhan air adalah siku. Selain menyentuh aspek hygiene, pada siku bagian bawah terdapat titik-titik penting dalam akupuntur. Termasuk juga ujung tungkai (lutut ke bawah) memiliki titik akupuntur yang penting.

Nah itulah beberapa manfaat/hubungan berwudhu bagi kesehatan kita, jadi kesimpulannya adalah sering-seringlah berwudhu karena dengan berwudhu dapat membuat kesehatan kita terjaga dengan baik. Demikianlah pemaparan kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔