Ketentuan 40 Jam Perminggu Untuk Guru Tahun 2017 Akan Diberlakukan


Seperti yang kami kutip di beritasatu.com baru-baru ini bahwa sebuah peraturan baru untuk guru akan diberlakukan tahun baru mendatang. Dikabarkan bahwa pemerintah akan memberlakukan kebijakan bekerja 8 jam per hari atau 40 jam perminggu sesuai dengan Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 pasal 35 ayat (1) dan (2).

Dalam Undang-Undang tersebut menyebutkan bahwa "ada lima tugas guru yakni, merencanakan, melaksanakan (mengajar), menilai, membimbing, dan tugas tambahan lainnya. Sedangkan pada ayat (2) disebutkan bahwa beban kerja tersebut adalah 24 minimal dan maksimal 40 jam tatap muka. Untuk Guru sekarang itu bekerja hanya batas minimal yang di tentukan dalam Undang-Undang.
Jadi untuk itu, Pemerintah akan menetapkan kebijakan tersebut pada awal tahun baru mendatang. Pasalnya, sekarang guru yang harus memenuhi 24 jam perminggu selalu disibukkan dengan mencari jam keluar sekolah induknya, sehingga tidak bisa fokus dengan pendidikan atau ilmu yang akan di berikan ke peserta didiknya.

Dengan di berlakukannya aturan tersebut, tentu akan membuat guru lebih nyaman tanpa harus keluar kesekolah lain untuk mencukupi jam tatap mukanya. Guru yang bersangkutan cukup berada di sekolah induknya selama 8 jam perhari atau 40 jam perminggu.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Sumarna Surapranata, mengatakan dalam diskusi bersama Forum Wartawan Pendidikan (Fortadik) yang diadakan di Kemdikbud Jakarta bahwa "Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di beberapa pertemuan sudah menyampaikan bahwa guru harus bekerja delapan jam perhari atau 40 jam per minggu. Ini sesuai Undang-Undang Kepegawaian dan Undang-Undang Ketenagakerjaan untuk guru swasta yang dapat kontrak kerja, maka wajib bekerja adalah 40 jam per pekan". (Sabtu, 22/10).
Surapranata menambahkan bahwa "Ketentuan delapan jam berada di sekolah dalam sehari tersebut merujuk pada jam normal, bukan jam pelajaran. Jadi, jika jam masuk sekolah guru mulai pukul 07.00, pulangnya pukul 15.00. Guru tidak dibebani lagi dengan tugas-tugas yang harus dibawa pulang ke rumah".

Untuk itu, pemeritah sekarang sedang merinci kegiatan-kegiatan yang di sebutkan dalam pasal 35 ayat (1) tersebut, sehingga  "Pada saatnya, Kemdikbud akan mensosialisasikan ke seluruh guru sebelum akhirnya nanti diterapkan" ucapnya.

Namun, sejauh ini kebijakan yang akan ditetapkan awal tahun 2017 mendatang menuai banyak kontroversi, diantaranya, seperti di kutip dari beritasatu.com "menurut Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti, kebijakan ini nampaknya ingin memuluskan konsep Full Day School (FDS) yang masih menuai pro dan kontra, dengan mengorbankan guru. Pasalnya, guru akan kelelahan dan bisa tidak maksimal melayani peserta didik."

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS 100% NYATA

ALHAMDULILLAH TERNYATA ALLAH MASIH MELINDUNGI SAYA, HATI-HATI TEMAN TEMAN DARI POSTINGAN PENIPUAN YANG MENCATUT NAMA DEDE BPK AIDU TAUHID SAMA BPK WARLI, YANG HANYA BISA DI PERCAYA POSTINGAN BPK DRS SIDIK KADARUSMAN DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN BKN PUSAT, NO HP BELIAU 0852-1400-0451.

KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs SIDIK KADARUSMAN yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Direktorat pengawasan dan pengendalian kepegawaian yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS SIDIK KADARUSMAN selalu aktif 0852-1400-0451 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔