Update Terbaru Laporan Kerusakan Dan Korban Pasca Gempa Pidie Jaya - Aceh

Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang Pidie Jaya, Aceh, Indonesia, Rabu pagi (07/12/2016) memang tidak berpotensi tsunami, namun di perkirakan mengalami banyak kerugian. Berikut laporan terupdate yang kami terima. Laporan ini merupakan perbaikan dari laporan yang telah disusun tanggal 07 Desember 2016 dengan penyesuaian berdasarkan data-data terbaru.



Berdasarkan data terakhir yang kami diterima jumlah korban bencana gempa bumi di Pidie Jaya adalah 100 jiwa korban meninggal dunia, 125 jiwa korban luka berat dan 411 jiwa korban luka ringan di wilayah Kabupaten Pidie Jaya dan Kabupaten Bireuen. Untuk lebih jelasnya kami rincikan korban meninggal dunia berdasarkan Kecamatannya masing-masing yaitu : Kecamatan Trienggadeng 28 orang, Kecamatan Merdu 25 orang, Kecamatan Ulee Glee 36 orang, Kecamatan luang Putu 2 orang, dan di Kecamatan Bireuen 2 orang.

Akibat guncangan gempa yang terjadi sudah dapat di pastikan bahwa terdapat 105 bangunan toko yang mengalami kerusakan, yaitu Kecamatan Merdu 41 unit, Kecamatan Trienggadeng 26 unit, Kecamatan Bandar Baru 16 unit, Kecamatan dua 20 unit, dan Kecamatan Meurah Dua sebanyak 2 unit.


Mengenai jumlah kerusakan rumah yang bisa di kategorikan rusak berat mencapai 86 unit rumah. Dan kini Penduduk yang rumahnya rusak total, umumnya mendirikan tenda tidak jauh dari masing-masing atau mengungsi ketempat yang aman untuk menghindari potensi bahaya gempa susulan dan bahaya terjadinya tsunami.

Korban luka-luka telah memperoleh pelayanan medis dasar dan kebutuhan dasar lainnya, begitu juga dengan bantuan-bantuan kemanusiaan sudah mulai berdatangan, baik dari instansi pemerintah pusat, instansi pemerintah daerah, dan LSM-LSM.


Kerusakan prasarana utama seperti jalan raya dan tiang-tiang listrik yang roboh akibat gempa terjadi sudah mulai diperbaiki dan menurut keterangan PLN setempat listrik di daerah tersebut akan segera berfungsi kembali. Prasarana sosial lainnya yang mengalami kerusakan adalah prasarana ibadah, banyak mesjid-mesjid yang roboh akibat gempa 6,4 SR tersebut. Hasil laporan yang kami terima, jumlah mesjid yang rusak mencapai 13 mesjid yang tersebar di daerah Kabupaten Pidie Jaya dan Kabupaten Bireuen.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔