CARA LENGKAP DAFTAR CPNS 2017 DI BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK)


BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 82 Tahun 2017 tanggal 31 Agustus 2017 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memenuhi syarat yang ditentukan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) yang nantinya akan mengisi lowongan sebanyak 300 formasi.

Tata cara pendaftaran CPNS di BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) adalah sebagai berikut 

Yakinkan bahwa Anda telah :

Mengakses laman SSCN pada https://sscnakun.bkn.go.id ,memahami alur pendaftaran dan telah membuat username (NIK) dan password dengan pilihan instansi Badan Pemeriksa Keuangan.

Mengakses laman rekrutmen CPNS BPK RI TA 2017 pada https://cpns.bpk.go.id.


  1. Bacalah terlebih dahulu dengan teliti Pengumuman Penerimaan CPNS BPK RI, untuk mengetahui mengenai formasi, jurusan yang dibutuhkan, batas usia, nilai IPK – akreditasi jurusan serta persyaratan lainnya.
  2. Mengetahui Panduan Pelamar yang terdapat pada Beranda laman rekrutmen CPNS BPK RI, untuk mengetahui alur proses pendaftaran online rekrutmen CPNS BPK RI.
  3. Lamaran dilaksanakan secara online sesuai dengan jadwal proses pendaftaran, Pendaftaran ditutup tanggal 25 September 2017 Pukul 23.59 WIB.
  4. Mempersiapkan berkas – berkas (Softcopy) sesuai dengan Pengumuman Penerimaan CPNS Pada Pelaksana BPK RI.
Petunjuk Log In
  1. Bila semua langkah di atas telah dipahami, pelamar dapat langsung meng klik menu login.
  2. Isi kolom NIK dan Password sesuai dengan yang Anda daftarkan di laman SSCN pada saat pendaftaran kemudian Klik tombol Login
  3. Bila Anda lupa dengan kata kunci, maka Anda dapat menghubungi Call Center SSCN

Akses Pelamar
  1. Tampilan Menu Akses Pelamar ketika Anda berhasil login.
  2. Terdapat Status pendaftaran jika belum mengisi Profil Pelamar dan Berkas pendukung, maka status Pendaftaran “Belum dilengkapi”
  3. Profil pelamar harus diisi terlebih dahulu, jika belum terisi maka berkas pendukung belum dapat diakses
  4. Kunci data akan aktif jika Profil Pelamar dan berkas Pendukung sudah diisi

Formasi Jurusan
  1. Menu ini berisi formasi jurusan BPK berdasarkan Pendidikan, Jabatan dan Jenis Formasi. Sebelum mengisi profil pelamar, pelamar disarankan untuk memahami formasi yang terdapat di BPK sehingga tidak ada kesalahan dalam memilih formasi nantinya.

MENU FAQ
  1. Menu ini berisi FAQ yang biasanya ditanyakan oleh pelamar. Jika masih belum terjawab pada FAQ silahkan hubungi call center CPNS BPK.

Kontak Panitia
  1. Menu ini berisi kontak panitia CPNS BPK. Silahkan menghubungi panitia jika ada yang ingin ditanyakan, dapat melalui Telp ataupun email.

Lokasi Ujian
  1. Menu ini berisi informasi mengenai kemungkinan pelaksanaan lokasi ujian CAT jika sudah lulus tahapan administrais berkas.

Perbaharui Profil Pelamar
  1. Laman ini berisi profil pelamar. Untuk pertama kali login dan belum melakukan perubahan data, maka data pelamar berisi informasi yang telah dimasukan saat melakukan registrasi pada laman SSCN.
  2. Untuk NIK, Nama Lengkap dan Tanggal Lahir tidak dapat diubah dan sudah default dari SSCN. Jika ingin mengubah harus menunggu sampai proses seleksi CPNS BPK selesai kemudian akan diajukan ke BKN
  3. Untuk melakukan penambahan dan perubahan data maka pelamar harus Klik Perbaharui Profil untuk memperbaharui profil pelamar
  4. Isi semua kolom dalam form ini sesuai dengan data Anda (Nik, Nama, Tanggal Lahir Otomatis akan terisi sesuai dengan data yang yang ada pada SSCN.
  5. Email, No HP, No Telepon, Alamat Sesuai KTP, Kode Pos, Tempat Lahir dan semua data yang diperlukan Wajib diisi oleh pelamar dan box akan berwarna merah jika tidak diisi. Silahkan di perbaharui sesuai dengan data anda.
  6. Apabila isian dimaksud sudah dianggap benar, untuk menyimpan data yang telah di isi, silahkan klik tombol Submit. Pilih Batal untuk mengecek kembali data yang diisikan.

Berkas Pelamar
  1. Setelah Profil Pelamar telah di isikan dengan lengkap dan benar, pelamar kemudian melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu mengunggah berkas pelamar. Berikut adalah tampilan dari halaman Berkas Pelamar.
  2. Semua berkas pelamar yang akan diunggah kecuali foto, di scan menggunakan format file .pdf dan ukuran maksimal file 300kb. Foto di scan menggunakan format file .jpg dan ukuran maksimal file 300kb
  3. Pilih menu Upload kemudian pilih Choose File untuk mengambil file unggahan yang telah pelamar siapkan
  4. Pilih lihat jika ingin melihat kembali file yang telah berhasil di unggah
  5. Surat Pernyataan dapat di unduh pada berkas pendaftaran bagian surat pernyataan
  6. Pada setiap unggah berkas pelamar terdapat pernyataan yang harus diberi tanda check mark (√) untuk menyatakan bahwa data yang diunggah benar.
  7. Apabila unggahan dimaksud sudah dianggap benar, untuk menyimpan file yang telah di unggah, silahkan klik tombol Simpan.

Status pelamar setelah melengkapi Profil dan Berkas pendukung
  1. Jika pelamar sudah melakukan pengisian pada Profil pelamar dan Unggah berkas pendukung, status akan berubah menjadi sudah lengkap dan tombol kunci data akan aktif.

Kunci Profil dan Berkas Pendukung Pelamar
  1. Klik menu Kunci Data yang terletak di sebelah kanan laman.
  2. Akan ditampilkan pesan dengan konsekuensi data yang telah pelamar isikan dan upload tidak dapat diubah kembali. Setelah pelamar yakin bahwa data yang di isi sudah lengkap dan benar, selanjutnya klik tombol Kunci.

Status pelamar setelah mengunci data
  1. Jika pelamar sudah melakukan penguncian Profil dan berkas tombol kunci akan berubah menjadi telah dikunci dan tidak aktif.

Logout
  1. Setelah pelamar mengunci profile dan berkas pelamar, dengan demikian pelamar telah mengikuti semua alur proses pendaftaran online rekrutmen CPNS BPK RI TA 2017.

Hasil seleksi administrasi akan diumumkan di laman https://cpns.bpk.go.id dalam periode waktu seperti tertera di Pengumuman Rekrutmen.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔